Thank You Camellia

Judul album: Thank You Camellia
Artist: Kris Allen
Tahun rilis: 22 Mei 2012
Label: RCA, 19
Genre: Pop/Rock, Akustik


Hadirnya album Thank You Camellia lantas memberikan warna baru terhadap karakter musikalitas seorang Kris Allen. Setelah berhasil merilis album debutnya di tahun 2009, Kris yang seakan membuktikan kemenangannya pada kontes American Idol musim kedelapan lalu, kini muncul kembali dengan album kedua sebagai sebuah ajang ujuk gigi lain. Masih dengan 11 lagu (plus 3 lagu bonus pada edisi deluxe) Kris menuangkan seluruh intuisinya yang bertalian dengan baik-buruknya sebuah hubungan percintaan. Terlepas hubungan jarak jauhnya dengan sang isteri, Katy O’Connell—Kris pun tak lupa menuliskan rasa rindunya pada tajuk tembang pembuka, Better With You. Tembang manis yang cukup groovy, dihiasi beat ringan dan juga kemampuan vokal Kris tidak dapat diadu, sukses membuka Thank You Camellia dengan sambutan yang sanggup membuat orang menggetuk-ngetukkan jemari di atas meja.

Tajuk album Thank You Camellia sengaja Kris pilih sebagai sebongkah kata terima kasih yang ia haturan kepada seorang sahabat lama di Arkansas, kampung halamannya. Disusul dengan himpunan kisah-kisah berlirik manis dan iringan beat perkusi elektronik. “When a heart breaks / and the world shakes,” begitulah  Kris Allen mendendangkan sebagian chorus dari tembang kedua. Will we stand for the Vision of Love?The Vision of  Love mengajak orang untuk percaya pada kekuatan cinta. Sekalipun seseorang melarikan diri, tapi tetap saja seorang individu memerlukan orang lain untuk menyatukan satu perasaan yang sama. Sebagai tembang kedua yang memiliki untaian lirik yang kuat, tidak heran jika Kris yakin untuk menjadikannya sebagai single utama di Thank You Camellia.

Jika dibandingkan dengan album debut yang sengaja mempertontonkan karakter vokal Kris yang begitu kuat, Thank You Camellia malah mengangsurkan beberapa lagu beat seperti My Weakness dan Rooftops. Dari lirik yang terlihat konyol dan lebih terkesan remaja, Rooftops dapat diperkirakan menjadi potensi terbesar menjadi single kedua setelah The Vision of Love. Namun, selain menjadikan kisah roman yang terdengar groovy menjadi tema sebuah tembang, Kris pun menyelipkan lagu-lagu yang mengisahkan betapa gelapnya sisi percintaan lewat Out Alive dan Leave You Alone.

Lagu lainnya yang memiliki nuansa paling dark dari album ini adalah Monster, yang di dalamnya secara tidak langsung Kris menyisipkan alunan aransemen yang mengarah pada melodi rock ringan dan juga denting-denting alat musik gamelan sebagai unsur pembuka.

Kendati diwarnai dengan rute naik-turunnya cinta seperti yang dituturkan Kris dalam lirik Blindfolded, namun di lagu Teach Me How Love Goes, Kris serta merta menuturkan permintaan hatinya dengan melodi swing yang dibingkai petikan gitar akustik. Membuat album ini terasa semakin sempurna, dinikmati di tengah ingar bingar kemacetan kota. Suara nan merdu milik Kris Allen otomatis membuat para pendengar rileks dan ikut masuk ke dalam permainan cintanya. Diakhiri dengan optimis, tembang You Got Away menutup Thank You Camellia seperti sapaan selamat malam sebelum tidur.

Setelah memutar berulang-ulang rentetan lagu dari Better With You hingga You Got Away, amat terasa bahwa waktu tiga setengah tahun sangatlah berdampak pada Kris Allen. Selain memberikan kesempatan bagi Kris untuk meramu ulang dan menggodok kesebelas tembangnya, Kris pun berhasil memukau para fans-nya dengan tempo-tempo lagu upbeat sederhana yang tersisip di antara vokal popnya.


 

TRACKLIST
1. “Better With You” Kris Allen, Jason Reeves, Rune Westberg Tim Pagnotta 3:14
2. “The Vision of Love” Allen, Adam Messinger, Nasri Atweh The Messengers 3:34
3. “My Weakness” Allen, Isaac Hasson, John Clark Jr., J Bonilla Bonilla 2:43
4. “Out Alive” Allen, Isaac Slade, Pagnotta Pagnotta 3:42
5. “Monster” Allen, Cale Mills Curt Schneider 3:35
6. “Blindfolded” Allen, Lindy Robbins, Toby Gad Bonilla 3:09
7. “Teach Me How Love Goes” Allen, Mills Pagnotta 3:26
8. “Rooftops” Allen, Kevin Kadish, Per Kristian “Boots” Ottestad Kadish, Ottestad 3:02
9. “Leave You Alone” Allen, Mills, Schneider Schneider 4:22
10. “Loves Me Not” (featuring Meiko) Allen, Nolan Sipe, Ryan Petersen Schneider 3:33
11. “You Got a Way” Allen, Mills Schneider 3:30

4 comments:

dictawords said...

IHHHH!! Kris ganteeeeeng!! Umurnya berapa? 20an ya? #plak *digampar*

Ok, back to the topik, dari penuturan Kakak saya paling penasaran dengan lagu Monster dan Thank You Camellia serta lagu penutupnya You Got Away, karena akhir2 ini saya memang memerlukan lagu2 penghantar tidur. Hahaha. Plus, lagu swing-nya Teach Me Love Goes... AAAAH! Download deeeh yaaa!

azureveur said...

Hahaha :D setuju sekali, dia emang ganteng. Dan yang paling saia suka ya gaya dia yang kasual. Kalo manggung sederhana banget, cuma shirt oblong. Tapi tetep keren :D
umurnya baru 26 kok.

Monster enak, tapi gak easy-listening seperti Rooftops, soalnya agak dark begitu sih. You Got Away, pas banget kalo yang suka selow gitu, selow banget soalnya dan Teach me Love Goes. Itu sebangsa akustik-aktustik gitu deh. Jadi enak kalo didengerin sore-sore hehe :D

Monggo didonlot.

dictawords said...

Kak, bisa minta link download yang satu album gak? Errr... saya nyari di google gak nemuuuuu...:(

azureveur said...

@Dikta: Er, dek... sorry, saia juga punya. Saia punya albumnya doang hehe :D

 

Flickr Photostream


Twitter Updates

Meet The Author