Love or Pity?

Well, hari ini gue gak mau bercerita banyak tentang keseharian gue. Kenapa? Soal udah terulang dari kemaren bahwa keseharian gue di kelas tiga ini sibuk total, oleh karena itu sepertinya gue bakal mengisi sedikit waktu gue buat menulis di blog ketimbang menulis fiksi. But, there's something important that I want to tell you about today. Simpel sih sebenernya; ini cuma soal khotbah singkat yang dibawakan seorang guru baru.

Namanya Ibu Ade. Entah dia dateng darimana, tapi menurut perkiraan temen gue, dia dateng dari Makassar. Ayat yang dia sampein juga beneran sangat simpel, dan gue yakin, semua orang juga pasti pernah denger ayat itu. 

Matius  22:39
Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Ayat itu emang singkat, tapi seolah-olah negur gue. Sebenernya, topiknya sih tentang 'mengasihi diri sendiri atau mengasihani diri sendiri'. Nah, ini nih yang sering disindir temen gue. Dan, sure! gue merasa cukup tertohok dengernya.  Dari waktu ke waktu, gue emang terbentuk jadi orang yang melankolis. Mematok presepsi hidup dengan standar tinggi seakan-akan gue ga pernah sekalipun mencapai sebuah goal dengan cara yang benar. Acap kali gue ngerasa kalo gue ini punya banyaaaak banget kekurangan, bego dari segala hal dan patut buat dikasihani orang lain. Tapi pas denger ayat ini, rasanya gue kayak disadarin dari sebuah tidur panjang. Gue emang ga pengen jadi seorang yang sombong, tapi mungkin gue bakal belajar buat menerima segala yang gue punya.


Buat mengasihi diri sendiri. Ibu Ade ngasih beberapa tips gitu, tapi sayangnya, gue cuma nyantol beberapa hal:
1. Menerima kekurangan 
2. Menjaga tubuh sendiri karena tubuh adalah Bait Allah

Kenapa cuma dua hal itu yang gue hafal?
Karena gue beneran amat sangat tertohok pas mendengar dua poin itu. Pertama, gue dan banyak temen remaja dua luar sana ngerasa hal yang pertama ada pada dirinya. Jujur, setiap orang emang ga akan ada yang seratus persen sempurna, tapi Tuhan mengciptakan gitu begitu unik. 

Komitmen gue selanjutnya: gue pengen bisa terus menyemangati diri gue buat terus maju dan gak terus-terusan merutuki diri sendiri :)  dan buat yang kedua, gue bakal berusaha buat menjaga tubuh gue. Dan ga jadi ada yang jorok lagi LOL.

Nah, antara mengasihi diri dan mengasihi sesama itu emang punya keterkaitan yang kuat banget. Kenapa? Karena jika kita mengasihi diri sendiri otomatis kita tau rasanya sebuah kasih. Dan apa salahnya jika kita berbagi kasih kepada orang lain.

Sebagai seorang Ching Ching, gue emang orang yang pengiri. Ups. Kenapa? Gue orangnya suka ga konsisten dan pendendam berat. Tapi, lucunya gue orang yang moody juga. Gue emang pengen hidup tanpa seorang musuh, tapi karena sesuatu hal yang kecil. Gue sempet memblock beberapa akun temen-temen gue di Facebook dan Twitter. Saking keselnya gue juga enggan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mereka. Soalnya gue sering banget berpikir: "emang kalo gue bantu mereka, gue bakal mendapatkan bantuan yang setimpal pas lagi kesusahan?"  

Pertanyaan gue sukses terjawab lewat khotbah pagi hari ini. Ibu Ade bilang kalo mungkin kita selalu mengharapkan sebuah balasan dari kasih. Tapi sebenernya, kita harus memperlakukan semua orang layaknya kita melayani Tuhan--seperti seorang hamba yang melayani majikannya. Hamba di Alkitab sering digambarkan dengan kasta seorang budak, jadi kita gak boleh ngeluh, sekalipun kebaikan kita gak terbalaskan. Karena kebaikan itu akan dibalaskan dari Tuhan, bukan dari tangan seorang manusia.

Jadi, apa gunanya kalo gue menaruh dendam gak puguh pada seorang teman. Padahal teman 'lah yang sebenernya membuat hidup gue lebih indah dan ceria :)


0 comments:

 

Flickr Photostream


Twitter Updates

Meet The Author