Bali Trip 2011

gue di Tanjung Benoa
Pantai Sanur, Pantai Kuta... kayaknya udah biasa deh yah, tapi kali ini si papa sengaja memberi kesan yang berbeda buat trip ke Bali. Kalo biasanya booking hotel di area Legian, Seminyak, Kartika Plaza, rasanya... it's ordinary. Tapi liburan kali ini, papa gue nge-booking semua hotel di daerah ekslusif Nusa Dua. Ga bisa bo'ong kalo harga dan kualitasnya emang setara.

Empat taun lalu, gue ke Bali. Paling banter gue cuma ngerasain kualitas hotel di Benoa. Pernah sih di dalem kompleks Nusa Dua, tapi... ga seeksklusif sekarang deh kayaknya. Kali ini bener-bener deh, pas masuk ke hotel. Lirik kiri-lirik kanan, cuma keluarga gue doang kali yah yang Indo. Selain itu, di meja seberang, orang Perancis, di kiri Korea, sisanya Jepang, Austarlia, dan warga negara lainnya.

Perjalanan gue ke Bali ga bisa dibilang singkat, walaupun bisa nginep di hotel berbintang. Tapi gue dan keluarga pergi ke Bali bukan dengan cara yang berbintang (duduk di kursi first class). Gue sengaja naek mobil ke Bali, mobil seukuran semi mini bus. Dengan papa gue yang jadi supir dan mama gue yang jadi kondekturnya :D Perjalan dimulai tanggal 9 Juni, tanpa aba-aba menunggu pengambilan rapot. Sebenernya tanggal 8 itu gue sama sekali belom siap-siap. Paginya gue masih tanding basket, dan segala perlengkapan belom gue masukin ke tas. Manteps tuh!

Paling manteps-nya, papa gue lagi dalam kondisi yang kurang sehat. Jadi kami satu keluarga menimbang-nimbang ulang soal acara liburan ke Bali, padahal hotel udah kepalang di-booking. Dan pada saat tanggal 8 itulah, akhirnya dipatenkan kalo acara liburan itu bakalan berlangsung.

Perjalanan mobil emang udah tradisi di keluarga gue. Entah itu mau ke Sukabumi atau ke Surabaya, kita selalu naek mobil bareng-bareng. Buat gue naek mobil itu lebih berarti ketimbang naek pesawat terbang. Yah, mungkin bakal ngerasa bosen kalo duduk kelamaan di mobil, tapi enaknya gue jadi bisa ngeliatin suasana yang berbeda di tiap kota. Kalo naek pesawat kan ga bisa liat apa-apa, yang kita tau cuma angkat koper ke bagasi pesawat, terus tau-tau sampe aja. Kurang rame! :(

Pas tanggal 9 itu, gue memulai perjalanan pas jam 05:00 pagi. Awalnya transit di Semarang dulu, terus abis itu singgah lagi di rumah nenek gue, di Surabaya. Di Surabaya gue stay sekitar 3 hari, terus pas tanggal 13, gue langsung pergi lagi ke Bali.

Kami sekeluarga memperkirakan kalo ke Bali itu gak terlalu jauh, yah walaupun dari Surabaya ke Ketapang itu makan waktu sekitar 6 jam, tapi dari Gilimanuk ke Nusa Dua, mungkin sekitar 2 jam. Tapi ternyata, setelah dijalani... ASTAGAH. Gue beneran ga nyangka, kalo berangkat dari Surabaya jam 05:00, sampai-sampai di Nusa Dua sekitar jam 6. Jadi kalo diitung-itung, perjalanan dari Bandung ke Semarang (8 jam) aja kalah.

Hari pertama bener-bener ga terlalu memuaskan. Bali jaman sekarang ga kayak Bali 4 taun yang lalu, Bali yang sepi. Ruas jalannya lancar, ga pake acara macet. Tapi, sekarang... Bali itu ga jauh beda kayak Jakarta versi mini. Saban hari, macet mulu. Soalnya jalan-jalan di Bali itu kecil, tapi yang punya kendaraan jadi membeludak, akibatnya kalo pas jam-jam pulang kerja, langsung deh macet di mana-mana.

Ayodya Resort
Pas malam pertama gue sampe, langit udah gelap (ya iyah lah) tapi gue cukup tercengang dengan pelataran lobby hotel pertama. Ga bisa dideskrpisikan secara detail, karena gue juga ngeliatnya samar. Tapi yang pasti sangaaaaatttt luas sekali. Mungkin ada deh 5x-nya rumah gue. Kamarnya banyak, tapi fasilitasnya kurang memuaskan. Tapi kata adek gue, halaman belakangnya luaaas banget. Ditambah private beach sama laguna kecil di tengah halaman belakang. Sayang gue ga bisa banyak berkeliling, soal konsep gue selama di Bali itu agak nomaden, tiap hari harus pindah ke hotel yang berbeda. Hahahaha.

Dan buat hari kedua, gue tinggal di Novotel. Tring. Tring. Biasa aja sih, dan tau gak kalo jaraknya cuma sekitar 100 meter di depan Ayodya. LOL. Sebenernya agak konyol juga sih kalo papa gue harus nyupir sedekat itu, secara kita bisa membopong bawaan dan lari ke depan. Tapi karena bawaan gue agak sedikit over dan enggan meninggalkan mobil, akhirnya gue mutusin buat kabur ke Kuta dulu. Baru check in ke Novotel :)
Pas check in, yah.. lobby-nya ga segila Ayodya, tapi gue agak amazed sama kamar mandinya. Luas bo! Bisa dipake buat latihan dansa se-RT mungkin yah (?)

Di hari kedua juga, akhirnya gue mutusin buat nyebur ke kolam renang. Kalo di Bagi ga berenang rasanya kurang afdol deh yah. Jadi walaupun kolam renangnya ga segede Ayodya kemaren, akhirnya gue mutusin buat basahin baju renang deh.